Janganlah kau tangisi perpisahan dan kegagalan bercinta, karena pada hakikatnya jodoh itu bukan ditangan manusia. Atas kasih sayang Tuhan kau dan dia bertemu, dan atas limpahan kasih-Nya jua kau dan dia dipisahkan bersama hikmah yang tersembunyi. Pernahkan kau berfikir kebesaran-Nya itu?

Label

Minggu, 17 Oktober 2010

Tugas Pengantar Bisnis Modern Bab 4


BAB 4

MANAJEMEN UMUM


PENGERTIAN MANAJEMEN

Arti dan Fungsi Manajemen
            Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Lima fungsi manajemen:
            Perencanaan
            Pengorganisasian
            Pengarahan
            Pengkoordinasian
            Pengawasan

            Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah lembaga tentu mempunyai tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut perlulah dibuat perencanaan terlebih dahulu. Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan, dalam mana kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi. Untuk menghilangkan atau menjaga agar penyimpangan yang terjadi tidak terlampau jauh dari rencananya, maka perlulah diadakan pengawasan / pengendalian

Jenjang Manajemen
            Ada 3 Jenjang Manajemen, yaitu:
            Manajemen Puncak atau Manajemen eksekutif
Bertugas menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan-keputusan penting tentang hal-hal seperti penggabungan (merger), produk baru, pengeluaran saham
            Manajemen madya atau Manajemen administrasi
                        Meliputi pimpinan pabrik dan / atau manajer divisi
            Manajemen Operasional atau Manajemen supervior
Jenjang terendah dalam piramida. Tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya.


LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN

Gerakan Manajemen Ilmiah
            Prinsip-prinsip Manajemen:
Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara terbaik untuk menyelesaikannya.
Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah
Kita dapat menjamin bahwa cara tebaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji hasil kerjanya.
Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan dan pemeriksaan pekerjaan.


SEKOLAH – SEKOLAH TENTANG PEMIKIRAN MANAJEMEN

Sekolah klasik (Classical School)
Sekolah Perilaku (Behavioral School)
Sekolah Ilmu Manajemen (Management Science School)
Analisis Sistem
Manajemen Hasil


PERENCANAAN

            Perencanaan merupakan fungsi terpenting di antara semua fungsi-fungsi manajemen yang ada. Perencanaan ini merupakan pedoman yang harus dipakai untuk mengarahkan tujuan.

Bentuk – bentuk Perencanaan
            Tujuan (Objective)
Tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itu diarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu
            Kebijakan (Policy)
Kebijakan adalah suatu persyaratan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusan terhadap tindakan – tindakan untuk mencapai tujuan
            Prosedur
Prosedur merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang.
            Aturan (Rule)
               Aturan adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur.
            Strategi
               Strategi merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.
            Program
Program merupakan campuran antara kebijakan prosedur, aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan suatu anggaran (budget), semuanya ini akan menciptakan adanya tindakan

Kegunaan Perencanaan
            Mengurangi ketidakpastian serta perubahan pada waktu mendatang
Mengarahkan perhatian pada tujuan
Memperingan Biaya
Merupakan sarana untuk mengadakan pengawasan

Langkah – langkah Penyusunan Perencanaan
            Menetapkan Tujuan
Menyusun Anggapan – anggapan (Premising)
Menentukan Berbagai Alternatif Tindakan
Mengadakan Penilaian terhadap Alternatif – alternative Tindakan yang Sudah di pilih
Mengambil Keputusan
Menyusun Rencana Pendukung

Perencanaan Merupakan proses Pendekatan yang Rasional
            Dengan berbagai macam langkah yang telah dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan, dapatlah dikatakan bahwa perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang.

Jangka Waktu Perencanaan
            Dalam perencanaan tebagi 3 golongan, yaitu:
            Perencanaan jangka panjang
Perencanaan jangka menengah
Perencanaan jangka pendek

Faktor – faktor yang membatasi Perencanaan
            Sulitnya Mencari Anggapan Secara Teliti
Perubahan yang Sangat Cepat
Kekakuan Internal
            Kekakuan Psikologis
Kekakuan Karena Adanya prosedur dan Kebijakan
Kekakuan Sumber Daya dan Dana
Kekakuan Eksternal
Waktu dan Biaya

Pengambilan Keputusan
            Syarat Pengambilan Keputusan
Untuk bertindak ataupun mengambil keputusan secara rasional tersebut membutuhkan beberapa syarat, antara lain:
Berusaha mancapai suatu tujuan
Mengetahui tentang tujuan- tujuan
Mempunyai kemampuan
Bersikap optimis

            Alat Pengambilan Keputusan
Untuk mengambil keputusan yang rasional perlu digunakan alat-alat seperti:
Operation research
Teori Probabilitas
Linear Progamming


PENGORGANISASIAN

Pengertian
            Setiap organisasi memiliki tiga komponen pokok, yaitu : personalia, fungsi, dan faktor – faktor fisik, yang kesemuanya ini merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Komponen tersebut mencerminkan adanya tugas-tugas yang harus dilakukan, manusia yang melaksanaan tugas, dan adanya peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk melaksanakan tugas – tugas tersebut.
            Fungsi pengorganisasian menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor – faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu tujuan.
            Hubungan yang timbul di dalam organisasi yang berbentuk hubungan informal dan hubungan formal.
            Hubungan Informal
Hubungan Formal

Pola Hubungan antar Komponen Organisasi
            Tujuan – Fungsi – Tanggung Jawab – Wewenang – Pertanggung Jawaban – Tujuan..

Rentangan Kekuasaan
              Latihan dari Bawahan
Pendelegasian Wewenang
Perencanaan
Teknik Komunikasi

Dasar – dasar Penggolongan Bagian di dalam Organisasi
            Didasarkan pada Suatu Angka
Didasarkan pada Waktu
Didasarkan pada Fungsi Perusahaan
Didasarkan pada Luas Daerah Operasi
Didasarkan pada Jenis Barang yang Dihasilkan
Didasarkan pada Jenis Langgangan



Sumber: buku Pengantar Bisnis Modern
(Pengantar ekonomi perusahaan modern)
edisi ketiga
oleh: Basu Swastha DH., SE., MBA.
Ibnu Sukotjo W. SE
leberty, Yogyakarta
Felicia Apriliani
22210714

Tidak ada komentar:

Posting Komentar