BAB 4
MANAJEMEN UMUM
PENGERTIAN MANAJEMEN
♣ Arti dan Fungsi Manajemen
Manajemen adalah ilmu dan seni merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Lima fungsi manajemen:
♥ Perencanaan
♥ Pengorganisasian
♥ Pengarahan
♥ Pengkoordinasian
♥ Pengawasan
Setiap kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sebuah lembaga tentu mempunyai tujuan dan untuk mencapai tujuan tersebut perlulah dibuat perencanaan terlebih dahulu. Jadi untuk mencapai tujuan harus ada kegiatan, dalam mana kegiatan-kegiatan yang sama disatukan didalam suatu wadah yang disebut fungsi. Untuk menghilangkan atau menjaga agar penyimpangan yang terjadi tidak terlampau jauh dari rencananya, maka perlulah diadakan pengawasan / pengendalian
♣ Jenjang Manajemen
Ada 3 Jenjang Manajemen, yaitu:
♥ Manajemen Puncak atau Manajemen eksekutif
Bertugas menyusun rencana umum perusahaan dan mengambil keputusan-keputusan penting tentang hal-hal seperti penggabungan (merger), produk baru, pengeluaran saham
♥ Manajemen madya atau Manajemen administrasi
Meliputi pimpinan pabrik dan / atau manajer divisi
♥ Manajemen Operasional atau Manajemen supervior
Jenjang terendah dalam piramida. Tugasnya menyangkut pelaksanaan rencana yang dibuat oleh para manajer madya.
LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
♣ Gerakan Manajemen Ilmiah
Prinsip-prinsip Manajemen:
♥ Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan satu cara terbaik untuk menyelesaikannya.
♥ Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah
♥ Kita dapat menjamin bahwa cara tebaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji hasil kerjanya.
♥Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan dan pemeriksaan pekerjaan.
SEKOLAH – SEKOLAH TENTANG PEMIKIRAN MANAJEMEN
♣ Sekolah klasik (Classical School)
♣ Sekolah Perilaku (Behavioral School)
♣ Sekolah Ilmu Manajemen (Management Science School)
♣ Analisis Sistem
♣ Manajemen Hasil
PERENCANAAN
Perencanaan merupakan fungsi terpenting di antara semua fungsi-fungsi manajemen yang ada. Perencanaan ini merupakan pedoman yang harus dipakai untuk mengarahkan tujuan.
♣ Bentuk – bentuk Perencanaan
♥ Tujuan (Objective)
Tujuan merupakan suatu sasaran dimana kegiatan itu diarahkan dan diusahakan untuk sedapat mungkin dicapai dalam jangka waktu tertentu
♥ Kebijakan (Policy)
Kebijakan adalah suatu persyaratan atau pengertian untuk menyalurkan pikiran dalam mengambil keputusan terhadap tindakan – tindakan untuk mencapai tujuan
♥ Prosedur
Prosedur merupakan rangkaian tindakan yang akan dilaksanakan untuk waktu mendatang.
♥ Aturan (Rule)
Aturan adalah suatu tindakan yang spesifik dan merupakan bagian dari prosedur.
♥ Strategi
Strategi merupakan tindakan penyesuaian dari rencana yang telah dibuat.
♥ Program
Program merupakan campuran antara kebijakan prosedur, aturan dan pemberian tugas yang disertai dengan suatu anggaran (budget), semuanya ini akan menciptakan adanya tindakan
♣ Kegunaan Perencanaan
♥ Mengurangi ketidakpastian serta perubahan pada waktu mendatang
♥ Mengarahkan perhatian pada tujuan
♥ Memperingan Biaya
♥ Merupakan sarana untuk mengadakan pengawasan
♣ Langkah – langkah Penyusunan Perencanaan
♥ Menetapkan Tujuan
♥ Menyusun Anggapan – anggapan (Premising)
♥ Menentukan Berbagai Alternatif Tindakan
♥ Mengadakan Penilaian terhadap Alternatif – alternative Tindakan yang Sudah di pilih
♥ Mengambil Keputusan
♥ Menyusun Rencana Pendukung
♣ Perencanaan Merupakan proses Pendekatan yang Rasional
Dengan berbagai macam langkah yang telah dilakukan untuk menyusun suatu perencanaan, dapatlah dikatakan bahwa perencanaan merupakan suatu proses pendekatan yang rasional untuk waktu yang akan datang.
♣ Jangka Waktu Perencanaan
Dalam perencanaan tebagi 3 golongan, yaitu:
♥ Perencanaan jangka panjang
♥ Perencanaan jangka menengah
♥ Perencanaan jangka pendek
♣ Faktor – faktor yang membatasi Perencanaan
♥ Sulitnya Mencari Anggapan Secara Teliti
♥ Perubahan yang Sangat Cepat
♥ Kekakuan Internal
♠ Kekakuan Psikologis
♠ Kekakuan Karena Adanya prosedur dan Kebijakan
♠ Kekakuan Sumber Daya dan Dana
♥ Kekakuan Eksternal
♥ Waktu dan Biaya
♣ Pengambilan Keputusan
♥ Syarat Pengambilan Keputusan
Untuk bertindak ataupun mengambil keputusan secara rasional tersebut membutuhkan beberapa syarat, antara lain:
♠ Berusaha mancapai suatu tujuan
♠ Mengetahui tentang tujuan- tujuan
♠ Mempunyai kemampuan
♠ Bersikap optimis
♥ Alat Pengambilan Keputusan
Untuk mengambil keputusan yang rasional perlu digunakan alat-alat seperti:
♠ Operation research
♠ Teori Probabilitas
♠ Linear Progamming
PENGORGANISASIAN
♣ Pengertian
Setiap organisasi memiliki tiga komponen pokok, yaitu : personalia, fungsi, dan faktor – faktor fisik, yang kesemuanya ini merupakan sarana untuk mencapai tujuan yang telah di tetapkan. Komponen tersebut mencerminkan adanya tugas-tugas yang harus dilakukan, manusia yang melaksanaan tugas, dan adanya peralatan-peralatan yang dapat digunakan untuk melaksanakan tugas – tugas tersebut.
Fungsi pengorganisasian menciptakan hubungan antara berbagai fungsi, personalia dan faktor – faktor fisik agar semua pekerjaan yang dilakukan dapat bermanfaat serta terarah pada suatu tujuan.
Hubungan yang timbul di dalam organisasi yang berbentuk hubungan informal dan hubungan formal.
♥ Hubungan Informal
♥ Hubungan Formal
♣ Pola Hubungan antar Komponen Organisasi
Tujuan – Fungsi – Tanggung Jawab – Wewenang – Pertanggung Jawaban – Tujuan..
♣ Rentangan Kekuasaan
♥ Latihan dari Bawahan
♥ Pendelegasian Wewenang
♥ Perencanaan
♥ Teknik Komunikasi
♣ Dasar – dasar Penggolongan Bagian di dalam Organisasi
♥ Didasarkan pada Suatu Angka
♥ Didasarkan pada Waktu
♥ Didasarkan pada Fungsi Perusahaan
♥ Didasarkan pada Luas Daerah Operasi
♥ Didasarkan pada Jenis Barang yang Dihasilkan
♥ Didasarkan pada Jenis Langgangan
Sumber: buku Pengantar Bisnis Modern
(Pengantar ekonomi perusahaan modern)
edisi ketiga
oleh: Basu Swastha DH., SE., MBA.
Ibnu Sukotjo W. SE
leberty, Yogyakarta
Felicia Apriliani
22210714
Tidak ada komentar:
Posting Komentar